Perbedaan Startup dengan Bisnis Online?

Kategori │virtual office

 


Banyaknya usaha berbasis onlineyang berkembang, menjadikan masyarakat beranggapan jika bisnis tersebutmerupakan salah satu lini dari start-upyang memang tengah melaju pesat di Indonesia. Namun, tahukah Anda apa itu start-up?




Apa itu Start-up?

Dari segi bahasa, start-upberarti sebuah usaha yang baru saja dirintis. Start-up sendiri merujuk pada usaha baru yang dikembangkan denganide-ide kreatif yang mengikutsertakan teknologi di dalamnya. Ide tersebut bisasesuatu yang belum pernah ada sebelumnya atau merombak ide yang sudah adamenjadi lebih modern dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. 




Apa itu Bisnis Online?

Meski bisnis online juga berbasisteknologi yang memanfaatkan internet serta websitesebagai media untuk mempromosikan produk-produk, namun jenis usaha ini berbedadengan start-up. Bisnis online lebih mengarah pada perubahancara bertransaksi.


Jika sebelumnya, masih tata cara konvensional yang harus bertatap muka dantoko memiliki tempat untuk mempromosikan barang dagangan, maka bisnis online hanya memerlukan koneksi internetuntuk menghubungkan penjual dan pembeli. Transaksi dapat dilakukan di mana sajatanpa harus bertatap muka, selama akad perjanjian jual beli terpenuhi.




Perbedaan Start-up dengan Bisnis Online

Dari pengertian saja, sudah terlihat jelas jika start-up dan bisnis onlinemerupakan usaha yang berbeda. Start-upmengacu pada pembaharuan yang membawa perubahan serta manfaat pada masyarakat.


Seperti yang mulai bermunculan saat ini, yaitu adanya pelayanan ojek maupun taksi online. Meski sudah ada alat transportasi ini sebelumnya, namunbanyaknya keluhan dari masyarakat dan kendala akan kesulitan dalam mendapatkanangkutan umum di daerah tertentu, memunculkan ide baru untuk menghadirkanlayanan pemesan ojek maupun taksi secara online.


Berbeda dengan bisnis online yanglebih mengarah pada peralihan teknik pemasaran. Dari yang awalnya masih secaratradisional yaitu dengan menyebarkan brosur, door to door untuk menawarkan produk maupun jasa, kini semuaberalih pada pemasaran digital dengan memanfaatkan kecanggihan era teknologi.


Mengandalkan internet dan perangkat keras yang memadai, maka semua produkdapat terunggah pada situs perusahaan ataupun online shop yang dimiliki. Kemudian, dijalankan trik-trik pemasarandigital guna menarik minat para konsumen untuk membeli.


Baca juga: Tips tips mengenai bisnis startup


Ciri-ciri Start-up dan Bisnis Online

Untuk lebih mudahnya, Anda dapat melihat ciri-ciri dari keduanya, yaitu:

  1. Start-up harus memiliki ide-ide segar yang inovatif serta disruptive atau mengacaukan perkembangan usaha yang sudah ada dan memperbarui teknik pemasaran maupun manajemennya. Sementara bisnis online hanya menambah teknik pemasaran melalui jaringan online, tanpa adanya pembaharuan akan suatu masalah yang terjadi di masyarakat.
  2. Start-up memiliki usia perusahaan yang kurang dari 3 tahun, sedangkan bisnis online dapat dimulai sekalipun usaha sudah berusia puluhan tahun.
  3. Core bisnis start-up mengacu pada pemanfaatan teknologi informasi dan umumnya memiliki aplikasi mobile untuk melancarkan usahanya. Sementara bisnis online hanya memanfaatkan apa yang sudah ada, tidak mengembangkan aplikasi baru. Seperti toko online yang hanya memanfaatkan start-up jual beli yang sudah ada.
  4. Perkembangan bisnis start-up jauh lebih cepat dibanding perusahaan umum di bidang lain. Sementara bisnis online, cenderung lambat pergerakannya.
  5. Untuk dapat terjangkau oleh investor, perusahaan start-up harus mampu masuk pada majalah maupun media khusus yang mengulas mengenai perkembangan perusahaan start-up di suatu negara. Lain hal dengan bisnis online yang tidak memerlukan investor dalam menjalankannya sehingga tidak perlu liputan dari media khusus.

Itulah ulasan singkatmengenai perbedaan start-up denganbisnis online. BagiAnda yang ingin memulai bisnis start-up,Anda dapat menyewa virtual office yangstrategis dengan harga terjangkau pada Legalo. 

  • Artikel (virtual office)dari kategori yang sama


    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
     

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

    削除
    Perbedaan Startup dengan Bisnis Online?
      Komentar(0)